Bandung | Satoe Indonesia – “Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya.” Pepatah ini kerap kita dengar sejak dulu. Tak salah jika menyebut buku sebagai gudangnya ilmu pengetahuan. Karena dengan membacanya, kita dapat menambah wawasan terhadap kehidupan yang unik ini asalkan dilandasi keinginan untuk mencari ilmu. Namun, seringkali ketika kerinduan untuk membaca tersebut hadir, muncul saja hambatan untuk mewujudkannya karena ketersediaan buku yang  terlalu minim. Hal inilah yang dialami oleh warga Desa Warjabakti, Kecamatan Cimaung.

Satoe Indonesia pun berupaya memahami kebutuhan akan sarana membaca yang dirindukan oleh penduduk Desa Warjabakti. Oleh karena itu, Satoe Indonesia mulai mengumpulkan buku-buku pengetahuan untuk disalurkan ke Desa Warjabakti. Semakin hari semakin banyak orang tergerak untuk ikut menyumbangkan bukunya sehingga sedikit demi sedikit buku-buku pun terkumpul semakin banyak dan lengkap.

Selain buku, Desa Warjabakti juga memerlukan tempat untuk dijadikan sarana membaca. Sarana tersebut berupa tempat yang nyaman untuk membaca, berkumpul serta berbagi pengetahuan. Fasilitas ini kedepan akan dikenal dengan sebutan saung baca.

Pada 10 September 2016, Satoe Indonesia berkunjung ke Desa Warabakti untuk menyalurkan buku-buku yang telah terkumpul. Namun, hingga kini saung yang akan digunakan untuk menjadi tempat membaca masih dalam proses pembangunan. Diharapkan, dengan hadirnya saung baca di Desa Warjabakti nanti, aktivitas membaca pun dapat semakin dibudidayakan terutama untuk anak-anak yang haus akan ilmu pengetahuan.

Penulis: Josephine Marcella
Editor: Muhammad Adriansyah