Bandung | Satoe Indonesia – Pendidikan merupakan alat terbaik untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan. Dengan pendidikan, seseorang dapat meningkatkan kapasitas diri yang dimilikinya agar mampu menjalani hidup dan meraih mimpi yang dicita-citai. Namun, tak semua orang berpendapat demikian. Seperti halnya yang dialami oleh sebagian besar anak-anak Sekolah Dasar (SD) di RT 02 RW 03 Desa Warjabakti.  Mereka masih enggan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) setelah lulus dari SD.

Berangkat dari hal tersebut di atas Organisasi Satoe Indonesia dan HIMATIKA ITB yang tergabung di dalam divisi edukasi Gebrak Indonesia mengadakan serangkaian kegiatan bertajuk “Warjabakti Sejuta Mimpi” pada Sabtu (29 Oktober 2016) di SD Sukawening Desa Warjabakti. Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para siswa kelas 6 agar mereka mempunyai mimpi dan semangat untuk meraih cita-cita dengan meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.  Tak hanya itu, para orang tua dari murid juga dilibatkan demi menyelaraskan pemikiran mengenai pentingnya pendidikan formal.

Acara yang berlangsung pada pukul 09.00 – 12.30 WIB ini dibagi ke dalam dua bagian, yakni agenda khusus bagi siswa kelas 6 SD dan bagi orang tua murid. Agenda para orang tua sendiri turut diisi oleh Syamsu dan Lukman Hardy (CEO Games Mathematics) sebagai pembicara atau pengisi materi.

Kegiatan yang ditujukan untuk siswa kelas 6 SD terdiri atas tujuh bagian yang dilakukan secara berturut-turut, yaitu: pemberian motivasi berupa pengenalan mimpi dan profesi, pemutaran video inspiratif, Wall of Dream (penulisan cita-cita di secarik kertas yang kemudian ditempelkan di dinding), bermain peran berdasarkan profesi tertentu, sesi mentoring, drama singkat mengenai profesi yang ada, dan terakhir penulisan surat berisikan mimpi dan cita-cita yang akan ditujukan kepada orang tua masing-masing murid.

Sedangkan untuk orang tua murid, agenda yang ada dibagi ke dalam tiga sesi, yakni: pemaparan materi tentang pendidikan oleh Pak Syamsu, pemaparan materi mengenai pembentukan lingkungan pendidikan oleh Lukman Hardy, dan penerimaan surat yang telah ditulis oleh anak-anak mereka di sesi khusus para murid.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, semangat dan motivasi para murid kelas 6 SD di Warjabakti untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat meningkat. Selain itu, diharapkan juga agar para orang tua semakin paham mengenai pentingnya pendidikan terhadap anak dan peran mereka sebagai pendukung bagi anak untuk meraih mimpinya. Bagaimanapun juga, anak-anak di desa Warjabakti punya sejuta mimpi yang siap untuk ditapaki di masa depan.

 

Penulis : Muhammad Adriansyah
Editor    : Muhammad Adriansyah